In Musical Experience

L'arc~En~Ciel - Kejutan Pelangi Tanpa Henti






















Pernah lihat poster di atas ini? Mungkin anda sering melihatnya sesekali atau se-dua kali akhir-akhir ini, pun anda tidak pernah melihatnya, maka anda akan melihatnya sekarang hehe. Yap, poster di atas adalah poster dari band Jepang bernama L'Arc~En~Ciel yang akan menggelar konser pertamanya di Indonesia, 2 Mei 2012 mendatang.


L'Arc~en~Ciel (ラルク アン シエル Raruku An Shieru, "Pelangi" dalam bahasa Prancis) adalah nama grup musik Jepang beraliran J-Rock. Band ini beranggotakan Hyde (vokal), Ken (gitar), Tetsu (bass), dan Yukihiro (drum). Grup musik ini didirikan oleh Tetsuya sang pembetot bass. Nama "L'Arc~en~Ciel" berasal dari sebuah kata dalam bahasa Perancis yang secara harfiah berarti "lengkungan di langit" atau "pelangi di atas awan", nama ini diambil dari judul sebuah film Perancis yang pernah ditonton oleh Tetsu.

Band yang hits dengan lagu-lagu berjudul The fourth Avenue Cafe, Winter Fall, Honey, My Hearts Draws a Dream dan baru-baru ini Good Luck My Way ini berdiri di kota Osaka, Februari 1991.


Di Jepang saja, band ini telah menjual lebih dari 28 juta kopi album & single, terjual 13 juta album, 16 juta single, dan jutaan unit lainnya, termasuk video. Mendapat peringkat di nomor 58 pada daftar Top 100 musisi pop Jepang, yang disediakan oleh HMV Jepang pada tahun 2003, dan termasuk di antara seniman yang paling berpengaruh di dunia musik Jepang. Serta Menempati Posisi 15 dalam List of 50 Best Selling Artists of All-Time in Japan. Bahkan beberapa musisi Jepang menyebut band ini sebagai The Legend.

Band yang terus membuana sejak awal berdirinya tak serta-merta membawa kesuksesan dalam perjalanan karirnya, gonta-ganti member karena beragam peristiwa hingga terjerat kasus narkoba pun pernah dialami oleh Raruku (panggilan singkat untuk L'arc~En~Ciel). 

L’Arc~en~Ciel muncul kembali secara resmi di hadapan penggemarnya pada 13 Desember 1997 dengan menggelar konser berjudul Reincarnation yang digelar di Tokyo Dome. Pada saat itu Laruku terdiri dari tiga orang personel resmi, yaitu Hyde (vokal), Tetsuya (bass), Ken (gitar) dan satu personel tambahan (additional player/supported player) di posisi drummer, yakni Yukihiro.

Baru pada tanggal 1 Januari 1998, Yukihiro secara ofisial bergabung dengan L’Arc~en~Ciel menggantikan Sakura yang telah resmi keluar dari Laruku  karena terjerat kasus narkoba sejak 4 November 1997. Kehadiran Yukihiro sebagai personil resmi sempat mengundang polemik di kalangan fans, lantaran kehadirannya secara total membawa perubahan drastis pada warna musik band legendaris tersebut.














A Piece of Reincarnation, menjadi salah satu bukti kebangkitan kembali L’Arc~en~Ciel di percaturan musik Jepang.


Setelah insiden yang mencoreng wajah L’Arc~en~Ciel pada tahun 1997 dan pergantian personel pada awal 1998 tidak berarti mereka kehilangan penggemarnya, hal itu dibuktikan dengan habisnya 56.000 lembar tiket konser Reincarnation dalam rentang waktu hanya 4 menit! 

Bahkan menginjak tahun 1998 karier mereka semakin menanjak. Bisa dibilang bahwa tahun 1998 merupakan masa keemasan Laruku, di mana pada tahun tersebut hampir semua single dan album yang mereka rilis berhasil meraih kesuksesan dan berbagai penghargaan. Disebut-sebut, mereka adalah artis paling sibuk di Jepang pada saat itu.

Diawali pada akhir bulan Januari dengan meluncurkan single ke delapan mereka berjudul Winter Fall yang menjadi single pertama mereka yang mampu menduduki posisi jawara di Oricon Chart. Pada tanggal 25 Februari 1998 album kelima L’Arc~en~Ciel, HEART diluncurkan, hebatnya album ini selain mampu mencapai posisi puncak Oricon Chart, angka penjualannya pun mencapai 1 juta kopi dalam minggu pertamanya! 

Di masa keemasan inilah, Laruku memulai konsernya keliling Jepang hingga keliling dunia ke dataran Asia, Eropa, dan Amerika.

Memasuki tahun 2001, mereka merilis album Clicked Singles Best 13th pada tanggal 14 Maret yang merupakan kumpulan lagu-lagu terbaik L’Arc~en~Ciel berdasarkan hasil pemungutan suara (voting) yang dilakukan oleh jutaan fansnya di seluruh penjuru dunia melalui internet, plus satu single baru Anemone. Dan yang terakhir pada tahun tersebut adalah peluncuran single mereka Spirit Dreams Inside

Di era 2001, 2002 dan 2003, masing-masing personil Laruku disibukkan dengan karir solonya. Tetsu membentuk TETSU69, Yukihiro membentuk Acid Android, dan Hyde saat itu populer dengan single solonya Evergreen.

Setelah vakum selama tiga tahun dengan spekulasi tentang kemungkinan bubarnya band ini, L’Arc~en~Ciel mengejutkan fans mereka dengan mengumumkan sebuah seri dari tujuh konser yang diberi judul Shibuya Seven Days, yang diikuti dengan perilisan single baru mereka. Berada di peringkat atas tangga lagu dan dipakai sebagai lagu pembuka animasi Fullmetal Alchemist, READY STEADY GO dijual di bulan Februari 2004. Mengikuti perilisan single berikutnya, L’Arc~en~Ciel kemudian merilis album yang banyak ditunggu-tunggu, SMILE, pada tanggal 31 Maret.

Sukses berkarir, band bermakna "Pelangi" ini tak henti-hentinya menggelar konser tur keliling dunia yang dipenuhi kejutan.  Seperti halnya pada part lagu "Revelation" di konser "Theatre of Kiss" 2007 lalu, Laruku membuat kejutan, memasangkan "tangan" raksasa pada kedua sisi panggung dengan wajah sang vokalis Hyde pada back screen.




















atau hologram putri duyung yang menari-nari di belakang Hyde saat menyanyikan "Umibe" - juga di "Theatre of Kiss".


















Sayang, saya tak lagi bisa menemukan video-video Laruku yang bertajuk "Theatre of Kiss" di Youtube karena sudah dihapus oleh Youtube terkait isu copyright.


Nah, sesuai perkiraan saya memperkirakan ada 19 lagu andalan L'arc~En~Ciel yang akan dibawakannya saat konser di Jakarta pada 2 Mei 2012. Antara lain:


01. Ibara no Namida
02. Chase
03. Good Luck My Way

04. Honey
05. Drink it Down
06. Revelation

07. Jojoushi
08. X X X
09. Fate

10. Forbidden Lover
11. My Heart Draws A Dream
12. Caress of Venus
13. Driver's High
14. Stay Away
15. Ready Steady Go
16. Anata
17. Winter Fall

18. Blurry Eyes 
19. Niji


Laruku mengguncang Lapangan D Senayan dengan 'kejutan'-nya pada lagu Honey, Revelation, Stay Away, Driver's High atau Ready Steady Go.

Ini adalah peta lapangan D Senayan dimana konser berlangsung :



















Akan jadi seperti apakah konser pertama L'arc~En~Ciel sang Legend dari Jepang di Jakarta, 2 Mei 2012 mendatang?

Related Articles

7 komentar:

  1. om sultan, nonton konsernya gak? FYI klo ada yang mau tiket gratisan cek fan pagenya simpati deh :p.

    BalasHapus
  2. beli tiketnya dimana om?

    BalasHapus
  3. Halo guyz,thanks ya atas komennya.

    Key & Joni: sekarang yang lagi laris jualan tiket laruku sih di tecket.com , buat yang bagi2 gratis mah banyak ada juga tuh si giant indo di http://facebook.com/giantindonesia besok pengumumannya :)

    BalasHapus
  4. Tenma sukses bikin saya galau :(

    BalasHapus
  5. haha, ayo rika harus tetap semangat! ^^

    BalasHapus
  6. artikel om kata bikin galau nie hahaha...

    BalasHapus