In Media Sosial

Tujuh Kesalahan Umum Di Media Sosial




Dalam kegiatan ber media sosial, sudah menjadi hal lazim ketika orang awam bertanya "kerjaan lu ngapain sih? kok buka facebook/twitter melulu" lalu dijawab "kerjaan gue ya update status", dan dia pun terkejut. Meski kerjaannya sesederhana update status, ternyata pelaksanannya tidak sesederhana itu. Tak banyak orang tahu kalau tak semua status diperbolehkan untuk diupdate. Baik untuk akun media sosial klien, maupun akun media sosial milik pribadi.Selain pemilihan kalimat pada status update yang tepat, ternyata ada banyak juga kesalahan-kesalahan lain yang umum terjadi di media sosial dan sebaiknya dihindari oleh pelaku spesialis media sosial.

Berikut tujuh kesalahan media sosial yang terpopuler diantara yang lain :

1. Status curhat finansial


Sebagai spesialis media sosial, akun pribadi mungkin pernah dipresentasikan directormu/supervisormu di hadapan klien (seperti yang pernah saya bahas di Spesialis Media Sosial, Apa Itu?) Bayangkan jika kemudian klien mu membaca status ini, tentunya ia akan berfikir bahwa kamu sebagai pekerja tidak dihargai layak di perusahaan tempat kamu bekerja. Jika tempat perusahaan kamu bekerja tidak bisa menghargai kamu dengan layak, maka apakah kamu akan memperlakukan akun klien dengan layak pula? Believe it or not, inilah yang sering terngiang di benak klien tentang status yang satu ini.

2. Kata-kata kasar


Ketika pertama kali kamu membuat akun twitter atau facebook untuk dirimu sendiri, kamu adalah media untuk dirimu sendiri. Kamu adalah pusat perhatian orang-orang yang kamu add di friend list facebook atau orang-orang yang memfollow akun twittermu. Teman-teman kamu mengadd atau mem follow kamu karena ingin menjalankan komunikasi yang baik, bukan untuk menerima umpatan atau curhatan berupa kata-kata kasar. Ingat, di dunia media sosial, kamu tidak pernah sendirian, melainkan berbaur dengan masyarakat yang nyata dan real ada, bisa ditemui.

Bayangkan apa yang ada di benak klien / perusahaan tempat kamu bekerja jika membaca status ini?

3. Status SARA















Di media sosial, kamu adalah pusat perhatian semua orang. Dan semua orang dengan ragam budaya, agama, dan adat istiadat. Apalagi negara kita Indonesia. Respon masyarakatnya masih sangat sensitif dan sangat bisa menimbulkan kesalahpahaman. Bukan tidak mungkin status seperti ini bisa memicu pertumpahan darah antar agama.

4. Perang Comment / Twitwar













Hal ini bisa terjadi dimana saja. Bisa di akun personal, maupun di akun klien. Terkadang perang comment/twitwar ini berguna untuk terjadi, tapi kebanyakan tidak. Twitwar/perang comment bisa menjadi berguna terjadi jika konten yang dibicarakan adalah produk/jasa yang memang kontroversial dan pelaku media sosial yang diserang pun memiliki argumen yang cukup kuat untuk bertahan. Seperti halnya twitwar yang pernah terjadi antara kelompok Islam keras yang menentang film Garin Nugroho, "Soegija". Saat dikonfirmasi hal itu, Garin berkomentar dengan santai "ya, cara orang berpromosi kan beda-beda. ada yang pakai cara naif, ada juga yang biasa-biasa saja. hitung-hitung iklan gratis hehe"

Di sisi lain perang status/komen seperti ini seringkali berdampak buruk, utamanya untuk personal branding. Seperti contoh ketika kasus Marissa Haque vs Addie MS, karena personal branding mereka sudah terlalu kuat sebagai selebrity, media massa konvensional (TV/Radio/Cetak) pun mempublikasikan "perperangan maya" mereka. Hal yang tadinya hanya diketahui oleh segelintir orang, mendadak diketahui oleh sebagian besar masyarakat negara. Di sinilah kita bisa melihat bagaimana dan apa saja yang mempengaruhi kecepatan dan ketepatan penyampaian"buzz word" suatu topik/brand di media sosial kepada khalayak.

5. Maksudnya kirim message, tapi malah muncul di wall post.
















Tante-tante bule di gambar ini bermaksud berkirim message ke pasangannya, maksudnya mau curhat perkara hubungan seksual. Bukannya message yang terkirim, malah wall post yang muncul, dan gak tahu gimana cara nge deletenya. Walhasil, komentar pun bermunculan, kebanyakan bercanda, tapi apa daya, aib sudah terlanjur terbuka di depan umum. Hal ini terjadi dikarenakan minimnya pengetahuan si tante sebagai User untuk menggunakan platform media sosialnya - dalam hal ini facebook - apalagi facebook sekarang sering ubah-ubah tampilan - sebagai pelaku spesialis media sosial tentunya kamu harus aware tentang hal - hal semacam ini. Jika tidak, bisa berabe urusannya.



6. Salah kirim message, malu cyin! ^^




















Mendaftarkan data diri yang sebenar-benarnya di media sosial sangatlah penting. Gunakan foto dan identitas diri yang sebenar-benarnya dan benar-benar mengindikasikan ciri khasmu di media sosial. Bukan sekedar personal branding semata, tapi pastikanlah begitu orang lain membuka facebookmu, mereka yakin kalau itu adalah benar kamu dan bukan orang lain.

Gambar di atas menggambarkan situasi salah kirim message, dikarenakan nama yang digunakan mirip dengan nama anaknya. Tapi, karena fotonya tidak jelas, akhirnya ibu-ibu di gambar itu pun ngotot dan yakin kalau akun itu adalah akun anaknya yang telah lama berpisah darinya. Jangan sampai hal kayak gini terjadi di kamu ya. Ini beneran lho. :3

7. Postingan Status Dibaca Si Bos.













Apa yang terjadi jika kamu lupa siapa teman di facebook atau followers di twitter mu? Dan kamu tidak berhati-hati dengan ucapanmu? Yap, inilah yang terjadi. Wanita ini mengumpat bos dan pekerjaanya di facebook, dan ternyata ia lupa kalau ia sudah berteman dengan bosnya di facebook. Walhasil, bosnya pun ikut berkomentar akan statusnya itu. Di Indonesia sendiri, sudah lumayan banyak lho orang-orang yang dipecat dari kantornya hanya karena status facebook seperti ini. Kamu gimana? :p

Nah, tujuh kesalahan media sosial di atas hanyalah sebagian kecil dari sekian banyak kesalahan umum yang sering terjadi. Pertanyaan saya, sudahkah anda aware akan hal ini dan benar-benar sadar di saat anda ber facebook atau ber twitter ria anda tidak sendirian? Well, Welcome to Facebook. Welcome to Twitter. Welcome to Social Media World.

Nah, sekian dulu tulisan saya hari ini. Jika menurutmu tulisan ini menarik, mohon bantuannya untuk klik tombol "tweet" di bawah. Jika ada kripik dan saran bisa langsung klik "show comment" di bawah. Thanks for reading. ^^




Related Articles

6 komentar:

  1. bahaaaa ampun gan, gue pernah melakukan kesalahan nomer 1. haha nice post

    BalasHapus
  2. koplak! > < wkwkwwkwkwk untung facebook gue ga ada si bosnya. haahaa..

    BalasHapus
  3. yang paling aneh itu yang mau kirim message tapi jadinya wall .___. ga bisa baca apa gimana ya bulenya.

    ini buat masukan juga tenma, terima kasih :D

    BalasHapus
  4. haha doi gaptek rika. ga ngerti sama tampilan facebook hehe :D

    BalasHapus
  5. ahhh gak penting.. gak peduli apa kata org!! :p

    BalasHapus