DISCOVER MORE

[5]

6 Buku Terbaik Yang Harus Dibaca Setiap Digital Marketer





Sejak Digital Marketing dan Social Media Marketing menjadi trend sejak awal 2010, para marketer Indonesia mulai mempelajari media digital secara otodidak. "Freedom of Sharing" sempat menjadi behavior para marketer saat itu untuk saling berbagi informasi melalui blog, tweet series, hingga video tutorial. Meski demikian, tak sedikit juga yang mulai mencari referensi buku baik dalam bentuk e-book maupun buku cetak yang dipesan melalui amazon.

Saat ini, mungkin Anda dapat menemukan dengan mudah di google search saat Anda mengetik kata kunci "buku social media", namun dengan banyaknya buku seputar digital marketing dan media sosial yang diterbitkan oleh penerbit dan penulis lokal sejak awal 2012, tentu Anda akan membutuhkan referensi mengenai buku mana yang dirasa tepat untuk kebutuhan bisnis Anda.

Salah satu hal yang perlu diketahui ketika Anda mencari referensi seputar digital marketing adalah dengan menyadari bahwa Anda tidak harus selalu terpatok pada topik "social media" atau "digital marketing".

Anda dapat dengan secara kontinyu membaca buku-buku yang akan membantu Anda dalam membangun beberapa fondasi literasi digital berikut:

  • Menguasai time-management agar dapat menyelesaikan banyak tugas dalam waktu singkat
  • Memahami kebutuhan customer dari industri yang Anda jalankan
  • Membangun kisah brand yang melekat di benak customer Anda
  • Memahami rule of engagement di media digital
  • Memahami bagaimana perubahan perilaku yang terjadi pada customer Anda dari perilaku konvensionalnya (non-digital) ke perilaku digital


Berikut di bawah ini adalah daftar resensi dari 6 buku digital marketing terbaik yang dapat membantu Anda dalam mengelola bisnis Anda. (Anda dapat mengklik gambar untuk langsung memesan buku tersebut)




Hardcover: 224 Halaman
Penerbit: HarperBusiness
Tahun Terbit: 2013

ISBN-10: 006227306X
ISBN-13: 978-0062273062

Gary Vaynerchuck (juga dikenal dengan Gary Vee), adalah seorang chairman dari VaynerX dan CEO dari VaynerMedia, sebuah bisnis konsultan media komunikasi dan advertising agency yang telah melayani klien-klien dari perusahaan yang terdaftar pada Fortune 100. 

Dalam "Jab, Jab, Right Hook" ia berpendapat bahwa di dalam 50 juta tweet yang dipost per hari, 80 juta foto yang dishare di instagram, dan 30 milliar konten yang berseliweran di lini masa facebook, brand harus memiliki keunikan konten tersendiri melalui kekuatan storytelling agar mampu mendobrak jutaan konten lainnya di media sosial.

Buku ini memiliki bahasan tentang:
  • Fondasi dasar dari setiap cerita yang dibangun dengan keunikan setiap platform media sosial nan khas 
  • Membantu Anda dalam membuat outline strategy untuk media sosial
  • Memandu Anda dalam mengadaptasi cerita di setiap perubahan yang terjadi pada media sosial




2. "The Social Media Marketing Book" - oleh Dan Zarella

Hardcover: 232 halaman
Penerbit: O'Reilly Media
Tahun Terbit: 2009
ISBN-10: 1107008417
ISBN-13: 978-0596806606

Dan Zarella adalah seorang pengamat dan penulis aktif buku-buku social media marketing. Ia juga tercatat sebagai Best Social Media Expert di tahun 2009 versi Shorty Awards. Dan Zarella merupakan penggerak media sosial yang memiliki fokus pada data behavior, menurutnya, seorang marketer harus menelaah data customer terlebih dahulu sebelum melakukan campaign

Dalam "The Social Media Marketing Book" Dan Zarella yang juga dikenal sebagai "The Social Media Scientist" mengupas behavior dari setiap kanal media sosial. Dari online community forum, micro blog, hingga review sites seperti TripAdvisor. 


Buku ini memiliki bahasan tentang:
  • Membantu Anda dalam memahami kompleksitas setiap platform dan algoritma media sosial
  • Memahami budaya, protokol, fungsi, fitur dan sejarah asal-mula setiap platform media sosial
  • Memandu Anda dalam membangun struktur viral marketing
  • Membantu Anda dalam menentukan serta mengevaluasi goals dan KPI dari campaign bisnis yang akan Anda jalankan




Hardcover: 272 halaman
Penerbit: Twelve
Tahun Terbit: 2018
ISBN-10: 1538727935
ISBN-13: 978-1538727935

Robert McKee, adalah seorang pengajar menulis kreatif yang secara luas dikenal dengan "Seminar Cerita" popularnya, yang ia kembangkan saat menjadi profesor di University of Southern California.

Dalam Storynomics, Robert berkolaborasi dengan Tom Gerace Founder dan CEO dari Skyword - sebuah platform content yang memudahkan pengguna berselancar melalui social web dan menemukan konten yang relevan. Wall Street Journal dan MarketWatch merupakan media online yang menggunakan jasa platform dari Skyword. 

Storynomics merupakan buku yang mengulas secara komprehensif bagaimana marketer dapat membangun value dari brand dengan pendekatan story-centric.

Buku ini memiliki bahasan tentang:
  • Bagaimana storytelling dapat merevolusi sebuah bisnis dan kepemimpinan berorganisasi
  • Studi kasus dalam membangun kekuatan storytelling  dari brand internasional seperti IBM, NIKE dan Microsoft
  • Bagaimana brand dan customer saling berhubungan di saat ini dan di masa depan.




Paperback: 364 halaman
Penerbit: Sygma Creative Media Corp.
Tahun Terbit: 2014
ISBN-13: 978-9790555594

Ridwan Kamil atau yang juga dikenal dengan "Kang Emil" merupakan seorang arsitek kenamaan yang turut berkontribusi aktif dalam menggerakkan media sosial untuk ragam kegiatan perubahan. Mulai dari menggagas hadirnya Bandung Creative City Forum (BCCF) hingga menggalakan urban farming melalui komunitas Jakarta Berkebun.

Dalam "#Tetot Aku, Kamu Dan Media Sosial", Kang Emil berbagi kisah apa yang ia alami dan pelajari dari pengalamannya mengelola media sosial untuk berbagai kegiatan. 

Buku ini memiliki bahasan tentang:
  • Perjalanan Kang Emil dari personal brand hingga menjadi pemangku kebijakan publik melalui social media
  • Pentas politik Obama sebagai inspirasi media sosial Kang Emil
  • Media sosial sebagai media kontrol, media informasi dan media komunikasi birokrasi tanpa sekat
  • Membangun kebahagiaan melalui hiburan cerdas di media sosial



5. Digital Marketing for Dummies oleh Ryan Deiss & Russ Henneberry

Paperback: 360 halaman
Penerbit: For Dumies
Tahun Terbit: 2017
ISBN-10: 1119235596
ISBN-13: 978-1119235590

"Dummies" merupakan seri buku referensi best seller kelas dunia yang konsisten membahas tutorial tentang berbagai macam hal. Seri buku Dummies ditulis oleh beragam penulis dengan berbagai latar belakang profesi. 

Digital Marketing for Dummies ditulis oleh Ryan Deiss CEO dari DigitalMarketer.com - sebuah firma digital marketing berbasis komunitas profesional dengan ribuan klien dari 68 negara di dunia. 

Bersama Russ Henneberry, Ryan Deiss menuangkan berbagai best practice dari penerapan SEO, SEM, Content Marketing, hingga Influencer Marketing dan segala kombinasi di antaranya. 

Buku ini memiliki bahasan tentang:
  • Membangun Campaign Digital Marketing yang tersasar dengan baik
  • Pemahaman seputar lead magnet dan visitor conversion
  • Menciptakan jalur retensi dan mengoptimalkan strategi komunikasi untuk mengelola loyal customer




Paperback: 269 halaman
Penerbit: Upnormals Publishing 
Tahun Terbit: 2014
ISBN-13: 978-6027127401

Tuhu Nugraha adalah salah satu dari sekian banyak pengamat dan trainer digital marketing yang cukup dikenal di Indonesia. Selain mengelola firma digital marketing Upnormal Pingfans, Tuhu kini juga merupakan dosen Pasca Sarjana di London School of Public Relations (LSPR)

Dalam "WWW.HM: Defining Your Digital Strategy", Tuhu merangkum sebuah digital strategy dalam pola pikir What, Who, Where, How & Measure. Ia beranggapan bahwa tak sedikit pelaku digital marketing yang langsung mengelola kanal digital berdasarkan kekuatan kanalnya saja (Where) tanpa memahami bahwa untuk menjalankan digital marketing yang efektif masih ada banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan.

Buku ini memiliki bahasan tentang:
  • Memahami perilaku generasi digital
  • Mendalami global digital landscape
  • Membangun Digital Experience & Strategy Framework

Memahami digital marketing secara keilmuan dapat menambah suatu added-value tersendiri bagi diri pribadi, namun mengetahui bagaimana brand dan bisnis Anda dapat beradaptasi sesuai dengan market dan tantangan bisnis di masa yang akan datang, merupakan suatu hal yang harus terus menerus digali dan diolah. 

Buku-buku di atas hanyalah sebagian dari sekian banyak pengetahuan yang dapat membantu Anda memulai langkah tepat dalam menjalankan digital marketing

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar tantangan yang Anda hadapi dalam mengelola digital marketing atau media sosial, Anda dapat melayangkan email melalui kontaksultan@merahputih.id atau mengisi kolom kontak pada link berikut: Contact Form


6 Buku Terbaik Yang Harus Dibaca Setiap Digital Marketer 6 Buku Terbaik Yang Harus Dibaca Setiap Digital Marketer Reviewed by Sultan Kata Isnainsyah on Juni 10, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Sultan Isnainsyah

Image Link [https://2.bp.blogspot.com/-YCJi1GHmLwY/Tmn4f6i46QI/AAAAAAAAGAg/Tq1NTRBtiRcPAmyF7ez0aaLiwbWXnLtmwCPcBGAYYCw/s200/442900_n.jpg] Author Name [Sultan Isnainsyah] Author Description [Digital Marketing Coach & Consultant | Digital Service Manager Indosat Ooredoo | Please put your feedbacks on comment section or email me to kontaksultan@merahputih.id] Twitter Username [sultankata] Facebook Username [Sultan Kata] Instagram Username [sultankata]